Thursday, July 16, 2009

EMOSI

gue kadang bingung gimana cara emosi mempengaruhi tubuh manusia. Knapa kalo sedih orang nangis? Knapa juga emosi yg beda, keq terharu, bikin orang nangis juga? Kalo mata kelilipan sih gue agak paham knapa mngluarkan air mata gitu. Knapa juga kalo org marah bisa deg2an? Takut juga bikin deg2an? Aneh ga si? Hyah. Keqnya suatu saat nanti gue akn blajar ni. Ahaha.

Satu fenomena lagi yang gue temuin (di gue sih, bukan di orang byk.) kalo lagi patah hati, orang jadi lebih puitis dan kreatip. Wkaka. Ga tau yah hanya trjadi di gue atw di orang laen juga. Haha. Mslhnya di gue udah bbrp kali trjadi gitu. Duluuuuuuu bgt, jaman2nya cinta2 monyet gitu, patah hati malah mmbuat gue mngotak atik adobe photoshop. Dan menghasilkan gbr2 yang, well, lumayan lahh. Haha.

Dan yang paling parah sih yah, gue mnemukan notes yg gue tulis tgl 26 mei 2009. ahaha. Blom lama sih. Tpi gue abis patah hati. Yah, ga patah hati juga sih, kondisinya kurang lebih sperti itu lah. Hahaha.

Aku pikir * bulan itu waktu yg cukup singkat
cukup singkat shg aku ga mgkn melakukan kesalahan
cukup singkat shg aku ga bakal mnemukan mslh
cukup singkat shg aku akn mnempuh jalan yang mulus
cukup singkat shg aku ga akn merasakan waktu berlalu begitu cepat
cukup singkat shg aku ga menghargai waktu itu

tp setelah aku rasakan, * bulan itu cukup lama.
Cukup lama untuk aku berbuat kesalahan
Cukup lama untuk aku menemukan masalah
Cukup lama untuk aku menempuh jalan yang ga selamanya mulus
Cukup lama untuk aku rasakan
Cukup lama dan cukup berat shg aku skrg bisa mnghargai waktu yang dulu aku anggap remeh.

Maaf untuk semua kesalahan yang pernah aku buat
maaf untuk semua hal kecil yang sering aku permasalahkan
maaf untuk semua kebiasaan buruk aku yang bikin kamu panik dan ga bs tidur
maaf untuk saat2 aku suka aneh n kesel sndiri

trimakasih krna dah ngertiin aku
trimakasih krna ttep sabar sama smua kebiasaan buruk aku
trimakasih krna ttep sabar menghadapi aku yang lagi aneh
trimakasih buat wktu * bulan yang udah kamu kasih




wew bgt ga? Ahaha. Tdnya mau gue post sbg notes di fb, n orgnya mau gue tag, tapi ga jadi. Sbnernya itu ada lanjutannya yang tidak etis gue tuliskan disini. Ahahaha. Untungnya wktu tu ga jadi gue post. Bis dari hari gue menulis sampe hari ni (ga sampe 2 bulan) udah banyaaak bgt hal yg trjadi. Haha.

Ada satu notes lagi sih yg brkaitan. Lebih umum dan udah gue post di fb. Haha

satu lagi pengaruh dr emosi (in this case, ANGER) yang mmpengaruhi perilaku orang (well, gue sih lebih tepatnya). Dan gue sudah bisa mngambil pelajaran berharga dr kesalahan gue yg inih.
Orang2 (baca: gue) knapa yah kalo lagi marah, emosi dll tu suka bertindak tanpa dipikir dulu? Dan adanya facebook mempermudah pelampiasan orang2 (baca: gue). Sering bgt deh gue ngliat orang2 kalo lagi marah tu ngupdate status fb mreka dengan kata2 yang nyindir n ALL CAPS. Dan, well, gue salah satunya. Keqnya tuh pas waktu itu status di update bner2 ga brpikiran akan apa akibatnya buat yang merasa tersindir. Well, ad bbrpa reaksi sih. Yang pertama, org itu akn merasa disindir dan berubah. Yang kedua, orang itu akan merasa disindir dan malah marah sama lo. Seriously, JANGAN PERCAYA PIKIRAN LO KALO LAGI MARAH. Kadang2 pikiran kita kalo lagi marah tu suka ngaco n ga bner. Hal2 yang sbnernya biasa aja, bisa jadi salah di mata lo. Dan trkadang, melampiaskan kemarahan seems better than meredakan, atw bhkn mencari tau yg sbnernya.

Amsal 25:28
Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya


Pengkotbah 7:9

Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh


Mazmur 4:5

Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam.



belajar dari kesalahan gue, learn to control yourself! Meredam amarah lebih baik drpd melampiaskan amarah. Lbih baik klo lgi emosi tingkat tinggi, berdiam diri dulu sampe lo bisa berpikir benar2 jernih, baru melakukan sesuatu.

Belajar dari kesalahan gue, persahabatan bertaun2 yang dah dibangun bisa dgn mudah rusak dgn emosi tingkat tinggi yang dipancing dengan kesalahpahaman.

Bljr dr kesalahan gue, update status fb tuh yang liat bukan cuma temen2 lo yang tau masalahnya doank, tapi juga SMUA FRIENDS lo. Gue sgt shock karna tb2 tmen gue yang sama skali ngga tau apa2 bilang gini k gue

“ih. Seru deh bacain status update lo.”

dan gue mrasa sgt mnyesal udah mlakukan itu.

Seriously, belajarlah dari kesalahan gue, melampiaskan amarah mgkn bikin lega, tapi melampiaskan amarah ga mnyelesaikan masalah lo, bhkn lo mgkn akn mrasa mnysal.

No comments: