Wednesday, August 5, 2009

five stages of grief

gue sangat suka menonton dvd series, terutama HOUSE M.D. naah. di salah satu episode (lbih tepatnya season 2, episode 1, "Acceptance") ada suatu scene dimana si dr. House ini nulis2 5 hal, yg dikenal sama 5 stages of grief.

DENIAL
ANGER
NEGOTIATION
DEPRESSION
ACCEPTANCE

pas di episode itu sih dalam konteks pasien kena kanker terminal n udah mau mati. tapi. RUPA2 nya ini ga cuma di konteks itu ajah. tapi grief scara general. karna buat gue patah hati juga ada griefnya loh. haha.

http://ezinearticles.com/?How-to-Survive-the-5-Steps-of-Grief-After-a-Breakup&id=2667010

gue mnemukan artikel itu pas lagi googling "5 stages of grief"

intinya sih.
1. DENIAL.
after a break up, you definitely will DENY it. otak lo punya self defense mechanism buat hal2 yang ga pngen lo dgr. pasti bcandaan doank ni. ga mungkinn. and so on and so on.

2. ANGER
after you realise the truth and stop denying it, biasanya lo akan MARAH. lo akan marah sama orang yang dah nyakitin lo. kok bisa2nya dia keq gitu sama lo? knapa dia msti ngelakuin hal itu?

3. NEGOTIATION
pada tahap ini, lo akan mulai menawar2. lo akan mlakukan apapun untuk mendapatkan dia kmbali. *seriously, DON'T DO THIS!*

4. DEPRESSION
naaah. ini dia nih. lo bakal mrasa sediiiiiih bgt. beratnya gue rasa sih pas di tahap ini. lo ngrasa dia tuh satu2nya. lo ga akn prnah bisa bahagia lagi klo ga ada dia. di tahap ini, you really should call your friends. klo pngalaman pribadi gue sih ya, di tahap ini gue ga bisa sendirian. karna di saat gue sndirian, gue akn mulai depresi lagi n mulai mengenang masa2 indah yg dah lewat bla3 dan ujg2nya gue akan meneteskan air mata. JADI, gue tiap hari minta ditemenin ma tmen gue yang untungnya mau nmenin gue. haha.

5. ACCEPTANCE
tahap dimana lo dah bner2 nerima smuanya, tahap dimana lo sadar, HEY! LIFE GOES ON!. dan buat sampe ke tahap ini sih orang biasanya beda2. hho. tpi seriously, setelah lo bner2 bisa nerima, you will feel a lot better. :)


i've been through this. haha. dan bhkn gue udah tau ttg hal ini sblom gue mngalami grief, jadi pas gue ngalamin grief gue sambil mnghitung gitu brapa waktu yang gue butuhkan buat naik ke step brikutnya. haha.

dr DENIAL ke ANGER: dari awal gue mendeny kabar buruk itu. bner2 ga prcaya sama apa yg dia omongin. gue yakin dia hanya brcanda, sampe akhirnya gue marah knapa dia ngelakuin hal itu skitar 1 hari- 1 1/2 hari (haha. ga lama yaaa?)

dr ANGER ke NEGO: dari marah bgt, kesel dia bisa keq gitu sampe bilang ke GOD gue akn buktiin klo tanpa dia pun ga akn ngeganggu hidup gue biar kali2 gue dikasih kesempatan lagi, ttep sms2 dan kontek2, butuh waktu skitar 1 hari (again. gue mah ga lama2 kalo marah. haha)

dr NEGO ke DEPRESSION: dr bikin deal sama Tuhan sampe pada tahap gue sgt depresi berat, butuh waktu skitar 1 hari (lagi2, sangat singkat)

dr DEPRESSION ke ACCEPTANCE: DARI tiap-hari-apalagi-kalo-lagi-sendiri ngrasa hampa. ngrasa sndirian, blom biasa, ngerasa ga akn bahagia lagi, tiap hari menanti2 sms or at least kabar sampe bisa tiap hari nangis gue, tiap hari mimpiin dia mulu SAMPE tahap gue bner2 bisa nerima ini smua, that its the best for us, being-happy-for-him-eventhough-he-is-with-someone-else butuh waktu skitar 2 BULAN.

haha. yang trakir sangat lamaaaaaa yak. haha. tiap orang berbeda2 laah. haha. tpi dlm wktu 2 bulan ituu, perlahan2 things got better. gue mulai bisa ditinggal sendiri, ga tiap malem mimpiin dll dah. haha. TIME HEALS. wkaka.

satu quote favorit gue, diambil dr judul sebuah buku.

"it's called a break-up, because it is BROKEN"

2 comments:

Anonymous said...

cindy!! :) blog-traveling. :D

iluminen.com said...

Tahap akhir malah jadi tahap yang paling lama ya. Sepertinya waktu setiap orang beda-beda.
Belum lagi kalau sudah masuk ke tahap wedding gimana tuh ya